[Pemrograman Android 02] Activity

[Pemrograman Android 02] Activity

Oke sahabat ajarbelajar kembali lagi bersama saya Mini Tutor Agung, di konten kali ini kita akan membahas beberapa hal teknis dalam melakukan pengembangan aplikasi android. Aplikasi android bisa dikembangkan dengan 3 bahasa yaitu c++ , java dan kotlin. Di konten ini nantinya kita akan menggunakan bahasa java untuk materinya.

Hal pertama yang harus kita tahu untuk mengembangkan aplikasi android adalah activity. Activity adalah sebuah komponen aplikasi yang menyediakan layar yang digunakan pengguna untuk berinteraksi guna melakukan sesuatu, misalnya memilih nomor ponsel, mengambil foto, mengirim email, atau menampilkan peta. Tiap aktivitas diberi sebuah jendela untuk menggambar antarmuka penggunanya. Jendela ini biasanya mengisi layar, namun mungkin lebih kecil daripada layar dan mengambang di atas jendela lain.

Activity di android mempunya siklus hidupnya sendiri , siklus hidup maksudnya adalah kondisi – kondisi tertentu dalam sistem operasi android itu sendiri. Berikut adalah tampilan diagram siklus hidup android beserta penjelasannya :

siklus-hidup-activity

Penjelasannya:

  • onCreate() adalah kondisi awal saat Activity baru diciptakan, biasanya dilakukan inisialisasi pada tahapan ini.
  • onStart() adalah saat Activity dimulai.
  • onResume() adalah saat Activity dibuka kembali, biasanya dieksekusi setelah onPause().
  • onPause() akan dipanggil saat ada Activity lain yang terbuka.
  • onStop() adalah kondisi saat Activity tidak ditampilkan dilayar (biasanya saat pengguna menekan tombol Home).
  • onRestart() adalah kondisi saat Activity kembali dibuka oleh pengguna.
  • onDestroy() adalah kondisi saat Activity dihancurkan pada memori.

Oke sebelum kita masuk ke latihan , ada baiknya kita mengenal dahulu Android Studio. Android studio itu adalah IDE (Integrated Development Enviroment) yang akan kita gunakan untuk mengembangkan aplikasi android.Gampangnya IDE itu seperti dapur untuk memasak dan bahasa java adalah bahan untuk dimasak. Untuk mengembangkan aplikasi android pastikan RAM pada laptop atau komputer kalian minimal 4 gb karena kalo di bawah itu Android studio tidak akan berjalan sempurna. Untuk cara instalasinya bisa dilihat di panduan ini :

https://developer.android.com/studio/install?hl=id

Antarmuka android studio

Antarmuka

Keterangan :

  1. Bilah alat memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai jenis tindakan, termasuk menjalankan aplikasi dan meluncurkan alat Android.
  2. Bilah navigasi membantu Anda bernavigasi di antara proyek dan membuka file untuk diedit. Bilah ini memberikan tampilan struktur yang terlihat lebih ringkas dalam jendela Project.
  3. BIlah Jendela editor adalah tempat Anda membuat dan memodifikasi kode. Bergantung pada jenis file saat ini, editor dapat berubah. Misalnya, ketika melihat file tata letak, editor menampilkan Layout Editor.
  4. Bilah jendela alat muncul di luar jendela IDE dan berisi tombol yang memungkinkan Anda meluaskan atau menciutkan jendela alat individual.
  5. Bilah Jendela alat memberi Anda akses ke tugas tertentu seperti pengelolaan proyek, penelusuran, kontrol versi, dan banyak lagi. Anda bisa meluaskan dan juga menciutkannya.
  6. Bilah status menampilkan status proyek Anda dan IDE itu sendiri, serta setiap peringatan atau pesan.

Latihan Activity sederhana

Silahkan buat proyek baru pada menu “start a new android studio project”

android

Kemudian beri nama proyek latihan kita, lalu beri nama package kita dengan 3 kata yang dibatasi dengan titik. Dan terakhir tentukan lokasi penyimpanan proyek kita dan klik Next. Untuk lebih jelasnya silahkan lihat gambar berikut

android

Setelah itu pilih minimum SDK yang akan digunakan. SDK disini menentukan android versi berapa yang paling minimum bisa menjalankan aplikasi yang akan kita buat. Biasanya saya menggunakan minum API 17. pemilihan SDK ini menentukan pada versi berapakan OS terbanyak yang dipakai oleh pengguna di seluruh dunia.

android

Selanjutnya, pilih jenis Activity yang akan dibuat. Pilih saja Empty Activity.

android

Kemudian beri nama activitynya. Saya sarankan biarkan saja default supaya kita nanti mudah mengenalinya yang mana main activity dan yang bukan. Lalu kemudian klik finish dan tunggulah beberapa saat.

android

Yeay, akhirnya kita telah berhasil membuat activity pertama kita. Di materi selanjutnya akan kita bahasa bagaimana menjalankan activity kita menjadi aplikasi android.

Jangan lupa isi form feedback konstruktif di bawah ini ya:

ID Konten : KT040

Feedback Konstruktif
*
*
*
*
*
*
*

Leave a Reply