[Pemrograman Android 03] Build App In Android Studio

[Pemrograman Android 03] Build App In Android Studio

Halo sahabat ajar belajar kembali lagi bersama saya Mini Tutor Agung , di konten kali ini kita akan menjalankan activity yang sudah kita buat menjadi aplikasi android.

Oke untuk menjalankan program kita menjadi aplikasi android ada 2 cara yaitu dengan menggunakan emulator atau android device itu sendiri. Untuk yang ram komputernya >= 8 gb bisa menggunakan emulator maupun device. Untuk yang ramnya hanya 4gb atau 6gb disarankan menggunakan android device.

Untuk menjalankan aplikasi android kita bisa klik icon play ini :

Atau dengan cara klik menu “Run” -> “Run App” (Shift + F10 untuk pengguna windows)

run emulator

Kemudian akan muncul tampilan seperti berikut ini :

Untuk yang saya beri tanda Biru adalah jika kita ingin menjalankan program kita langsung di android device kita. Supaya muncul Tipe device kita disitu kita harus mengaktifkan USB Debugging terlebih dahulu dipengaturan device kita , untuk cara mengaktifkannya sangat variatif tergantung tipe dan merk device kita. Selebihnya silahkan googling sendiri.

Untuk yang saya beri garis merah jika kita ingin menjalankannya dengan emulator, jika belum tersedia kita bisa download emulator yang kita inginkan dengan mengikuti panduan disini https://developer.android.com/studio/run/managing-avds?hl=id

Setelah itu kita putuskan salah satu apakah ingin di jalankan di device atau di emulator dengan menklik salah satu pilihannya dan kemudia klik button “OK” dan tunggu android studio memproses kode program kita.

Selain itu kita juga bisa membuild langsung kode program kita menjadi extensi .apk yang bisa di install di android device kita dengan cara klik menu “build” -> “build Apk” lalu tunggu android studio merunning program kita.

build apk

Kemudian akan muncul notifikasi tempat folder apk kita di simpan di tab even log, lalu kemudian klik Locate untuk membuka foldernya

Lalu kemudian ada 2 file dalam folder tersebut. Apk yang di build akan bernama app-debug secara otomatis.

Oke , di konten ini kita sudah belajar bagaimana cara menjalankan kode program kita menjadi aplikasi di android . selanjutnya kita akan membahas tentang Intent, see you

ID Konten : KT044

Feedback Konstruktif
*
*
*
*
*
*
*

 

Leave a Reply